Kamis, 13 Desember 2012

Sifat-sifat Surga dan Penghuninya




Sifat-sifat surga :
1.  Dalil Al-Qur'an
Allah berfirman yang artinya :
"Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang telah disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya." (QS Al-Hadid 21).
2.  Dalil hadits
Dari Sahl bin Sa'ad radliyallahu 'anhu bahwasanya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya :
"Ada 8 pintu di surga salah satunya disebut Ar-Royyan. Tidaklah masuk kepadanya kecuali orang yang berpuasa." (HR. Bukhari).
Sifat-sifat penghuni surga :
1.  Orang-orang yang bertakwa kepada Rabb mereka dengan menjaga dari adzab Allah dengan cara menjalankan perintah-Nya sebagai bentuk taat kepada-Nya, mengharapkan pahala-Nya serta meninggalkan apa-apa yang dilarang sebagai bentuk ketaatan kepada Allah dan takut ditimpa adzab-Nya.
2.  Orang-orang yang menginfakkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit. Mereka adalah orang-orang yang menginfakkan harta mereka sesuai dengan tuntunannya baik berupa zakat, sodaqoh bagi orang yang memiliki kewajiban, nafaqoh dalam jihad dan pintu-pintu kebaikan lainnya.
3.  Orang-orang yang menahan amarah dan ketika marah tidak berlaku sewenang-wenang, tidak hasad dan iri dengki kepada orang lain.
4.  Orang-orang yang memaafkan kesalahan orang lain yang berbuat kedholiman dan melampaui batas, mereka tidak membakar dendam meski mereka mampu. Allah berfirman yang artinya :
"Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan."
Ayat tersebut mengisyaratkan bahwa sifat memaafkan tidaklah dipuji kecuali hal itu termasuk perbuatan ihsan.
5.  Orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah lalu mohon ampun terhadap dosa-dosa mereka. Termasuk di antaranya adalah dosa-dosa besar seperti membunuh jiwa yang diharamkan tanpa hak, durhaka kepada orang tua, makan harta riba, makan harta anak yatim, lari pada pertempuran, zina, mencuri.
6.  Orang-orang yang tidak melanjutkan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahui bahwa itu adalah perbuatan dosa, kepada siapa ia berbuat dosa, dan mengetahui betapa dekat ampunan-Nya. Bahkan mereka bersegera meninggalkan semua perbuatan tersebut kemudian bertaubat.
Inilah beberapa sifat ahli surga yang Allah jelaskan dalam Al-Qur'an surat Ali Imron 133-135. kita memohon kepada Allah semoga kita dimasukkan dalam golongan-golongan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar